10 Manfaat Luar Biasa Pepaya Untuk Tubuh

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini. Buah ini banyak dijual dipasaran dan harganya juga cukup terjangkau. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Banyak juga orang yang mengkonsumsinyanya karena mengalami masalah penceraan. Buah ini memang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah pencernaan seperti susah BAB, pepaya mengandung serat dan antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk membersihkan usus sehingga pencernaan menjadi lancar. Namun selain bermanfaat untuk masalah pencernaan, masih banyak lagi lho manfaat pepaya lainnya. Berikut ini ulasan tentang beberapa manfaat pepaya,

1.Ramuan awet muda

Siapa sih yang tidak ingin selalu tampak awet muda? Semua orang pasti menginginkan awet muda, bahkan ada yang menolak tua dengan melakukan berbagai cara agar tetap awet muda. Namun seiring bertambahnya usia biasanya muncul tanda-tanda penuaan. Penuaan biasanya ditandai dengan munculnya kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Biasanya orang akan melakukan perawat diklinik kecantikan atau menggunakan produk yang dipercaya akan membuat kulit awet muda. Namun apabila Anda ingin menggunakan produk sebaiknya perhatikan dahulu bahan-bahannya dan apakah produk tersebut cocok dengan kondisi kulit Anda. Apabila tidak cocok dan mengandung bahan berbahaya maka produk tersebut hanay akan merusak wajah cantik Anda.

Sebelum menggunakan produk, akan lebih baik jika Anda merawat kulit wajah Anda dengan menggunakan bahan alami. Selain mudah ditemukan, bahan alami juga sangat minim efek samping jadi Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Jika ingin tampak  awet muda, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai bahan masker untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Caranya membuat masker pepaya seperti berikut,

  • Siapkan 1 buah pepaya ukuran kecil, 3 sendok madu, 5 sendok susu murni dan putih telur
  • Haluskan buah pepaya lalu tambahkan madu, susu dan putih telur. Aduk sampai merata
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker agar masker dapat bekerja maksimal
  • Aplikasikan masker secara merata pada wajah dan leher
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

2.Mencegah gangguan jantung

Siapa yang mengira bahwa si manis pepaya dapat mencegah penyakit jantung. Buah ini mengandung karotenoid, beta karoten, antioksidan, vitamin, lutein, magnesium dan asam folat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam folat dalam buah pepaya dapat menghilangkan zat-zat berbahaya yang merusak dinding pembuluh darah sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Mengkonsumsi buah dan daun pepaya secara rutin juga mampu memperbaiki pembuluh darah yang tersumbat sehingga dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner.

3.Memperlancar ASI

Biasanya ibu yang baru melahirkan ada yang langsung mengeluarkan ASI dan ada yang tidak. Dan terkadang ada juga yang mengeluh jika ASInya tidak lancar. Jika Anda ingin memberikan ASI yang cukup untuk sang buah hati maka konsumsi pepaya untuk melancarkan ASI. Kandungan Vitamin B, C dan zat besi pada buah pepaya dapat membantu untuk melancarkan ASI.

Ibu membutuhkan kalium pada saat menyusui, apabila kekurangan kalium maka ibu akan terasa sangat kelelahan dan membuat suasana hati menjadi stress dan depresi padahal ibu perlu suasana hati yang bahagia pada saat menyusui. Inilah kelebihan lain dari pepaya, yaitu mengandung kalium 50% yang menjadikannya sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

4.Menambah nafsu makan

Asupan makanan merupakan hal yang penting untuk tubuh, karena makanan adalah sumber energi. Tapi terkadang kurangnya nafsu makan membuat kita malas untuk makan sehingga asupan makanan tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan menjadikan kita sakit. Apabila Anda ingin meningkatkan nafsu makan caranya mudah, Anda bisa mencobanya sendiri dirumah seperti cara berikut ini,

  • Siapkan daun pepaya sebanyak 6 helai, madu murni dan 2 gelas air untuk merebus daun pepaya
  • Cuci bersih daun pepaya lalu rebus, dinginkan lalu  saring
  • Campurkan madu murni pada air rebusan daun pepaya, aduk hingga merata lalu minum
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minum secara rutin setiap hari selama seminggu

5.Mengeluarkan duri yang masuk dalam daging

Duri yang menancap pada daging tidak dapat dianggap sepele karena bisa menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan bengkak. Jika Anda tertancap duri jangan panik, karena jika panik dan berusaha menariknya justru akan membuat duri masuk semakin dalam.

Untuk mengeluarkan duri dari dalam daging Anda bisa memanfaatkan getah dari daun pepaya. Caranya,

  • Ambil getah dari daun pepaya
  • Oleskan pada bagiandaging yang tertancap duri
  • Diamkan sebentar maka duri yang tertancap dikulit akan muncul dengan sendirinya, dengan menggunakan cara ini duri akan lebih mudah keluar tanpa rasa sakit.

6.Memperbaiki kesehatan tubuh

Biasanya orang yang baru sembuh dari sakitnya kondisi kesehatannya belum benar-benar pulih seperti sediakala. Dengan mengkonsumsi buah pepaya maka akan membantu memperbaiki kesehatan Anda sehingga pulih seperti semula. Kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah pepaya inilah yang membuatnya menjadi andalan untuk memulihkan kesehatan.

7.Menyehatkan tulang

Asupan Vitamin K yang tercukupi membantu menjaga kesehatan tulang. Salah satu buah yang mengandung Vitamin K adalah pepaya. Vitamin K berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium urine sehingga lebih banyak kalsium di dalam tubuh  untuk memperkuat dan memperbaiki tulang yang rusak.

8.Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang melakukan diet maka akan sangat baika jika Anda memasukan bauh pepaya dalam buku menu Anda. Selain baik untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga memiliki serat yang tinggi sehingga membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

9.Menjaga kesehatan mata

Vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata adalah Vitamin A. Pepaya mengandung Vitamin A yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata dan dapat menurunkan resiko penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa maupun manula.

10.Mencegah penggumpalan darah

Pengguna pil KB dan perokok memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penggumpalan darah. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Kandungan fibrin pada buah peaya dapat membantu mencegah penggumpalan darah.