11 Penyebab Munculnya Komedo

Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan debu. Komedo ada 2 jenis yaitu,

-Komedo terbuka adalah komedo yang berwarna hitam dan tampak seperti pori-pori yang membesar, warna hitam pada komedo jenis ini disebabkan oleh penumpukan debu dan kotoran yang telah teroksidasi dengan udara.

-Komedo tertutup adalah komedo yang berwarna putih sebab komedo tersebut tumbuh diatas pori-pori wajah yang telah tersumbat sehingga akan tampak seperti tonjolan-tonjolan kecil berwarna putih atau kuning. Biasanya komedo putih lebih sering tumbuh di area hidung dan dagu.

Kedua komedo tersebut memang sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan make-up sulit untuk diaplikasikan, sehingga orang akan berusaha menyingkirkannya dengan cara menggunakan pembersih atau dengan memencet komedo tersebut. Padahal memencet komedo dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan munculnya komedo? Berikut ini ada beberapa penyebab munculnya komedo.

1.Kondisi Wajah Kotor

Salah satu penyebab munculnya komedo yaitu wajah yang kotor. Wajah yang kotor disebabkan oleh debu dan kotoran serta make-up yang tidak dibersihkan setelah bepergian. Kotoran, debu dan make-up yang menempel pada wajah akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga memicu munculnya komedo yang dapat mengganggu penampilan Anda. Jika ingin terhindar dari masalah komedo maka sebaiknya rajin-rajinlah mencuci muka terutama setelah bepergian dan sebelum tidur.

2.Produksi Minyak Berlebih

Kulit berminyak apat memicu timbulnya komedo pada wajah, bagian wajah yang sangat rentan berkomedo adalah area hidung dan dagu. Pada saat wajah terasa lengket karena minyak berlebih maka kotoran akan semakin mudah menempel dan pori-pori wajah menjadi tersumbat yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

3.Makanan berminyak

Kondisi kulit wajah dapat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Salah satu penyebab munculnya komedo adalah sering mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan makanan yang terlalu manis. Jenis makanan tersebut terutama makanan berminyak dapat merusak kecantikan kulit wajah dan menyebabkan munculnya komedo. Untuk menghindari munculnya komedo alangkah lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah.

4.Kurang asupan air mineral

Minum air putih yang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh yaitu sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari. Memenuhi asupan air putih dapat memberikan dampak positif untuk jantung dan kulit kita. Jika kita mengkonsumsi air putih yang cukup maka kulit menjadi segar, sehat dan lembab sehingga munculnya komedo dapat dihindari.

5.Sering Menyentuh Wajah

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak terdapat bakteri dan kuman. Pada saat Anda menyentuh wajah tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu maka kuman dan bakteri akan berpindah ke wajah dan dapat memicu tumbuhnya jerawat dan komedo di wajah. Maka jika Anda ingin menyentuh wajah pastikan tangan akan bersih atau Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kapas atau tissue karena itu lebih bersih dan steril.

6.Memakai make-up secara berlebihan

Make-up merupakan bagian penting untuk wanit. Tapi gunakanlah secukupnya saja, dan jangan menggunakan make-up secara berlebihan karena dapat menyumbat pori-pori sehingga komedo akan mudah muncul. Hindari make-up yang mengandung minyak karena dapat mempercepat timbulnya jerawat dan komedo. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kosmetik yang sesuai dengan kulit Anda, jika Anda menggunakan komsetik yang tidak sesuai maka akan merusak kulit wajah Anda dan menimbulkan tumbuhnya jerawat.

7.Kondisi lingkungan

Lingkungan yang terdapat banyak debu, polusi dan asap kendaraan dapat menimbukan efek negatif untuk wajah kita. Polusi dan asap kendaraan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan munculnya komedo secara cepat.

8.Ketidakstabilan hormon

Setiap orang memiliki ketidakstabilan hormon yang berbeda hal itu disebabkan oleh faktor keseimbangan. Apabila seseorang memiliki hormon testosteron yang tinggi maka akan mudah muncul masalah jerawat dan komedo. Hal itu disebabkan oleh adanya rangsangan dari kelenjar sebaceous yang dapat merangsang sebum untuk memproduksi dalam jumlah yang besar.

9.Stress

Stress dapat menimbulkan dampak buruk untuk kulit wajah, diantaranya dapat memicu munculnya komedo dan jerawat pada wajah.

10.Merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan munculnya komedo adalah merokok. Kebiasaan merokok dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah karena asap rokok mengandung partikel zat kimia yang dapat membahayakan kulit wajah sehingga dapat mempercepat keriput.

11.Mengkonsumsi minuman berkafein dan alkohol

Kafein merupakan zat yang dapat merusak kulit karena dapat merangsang peningkatan jumlah produksi minyak. Wajah yang berminyak akan sangat mudah tumbuh jerawat dan komedo. Sedangkan minuman beralkohol akan membuat Anda susah tidur sehingga akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Maka sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena selain tidak baik untuk kesehatan wajah juga akan berpengaruh buruk untuk tubuh kita.