6 Vitamin Yang di Butuhkan Untuk Merawat Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kulit yang cantik dan sehat adalah impian semua wanita. Agar kulit kita sehat maka kita perlu memberi asupan nutrisi dari dalam dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, penuh vitamin, mineral serta antioksidan. Namun merawat kulit dari tidak hanya perlu dilakukan dari dalam saja, untuk memaksimalkan hasilnya kita juga perlu mendukung perawatan kulit dari luar dengan cara menggunakan lotion untuk kulit tubuh dan cream untuk kulit wajah.

Selain peran antioksidan yang sangat penting untuk kulit, ada beberapa vitamin yang kehadirannya juga memiliki peran penting untuk kulit. Berikut ini beberapa vitamin yang penting untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

1.Vitamin A

Fungsi Vitamin A untuk kulit yaitu vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, mencegah peradangan, mengurangi pigmentasi, serta membantu mengontrol minyak berlebih (sebum) dan menyamarkan noda hitam. Vitamin ini paling baik jika dikonsumsi pada malam hari. Vitamin A memiliki nama lain retinol. Retinol merupakan bahan paling aktif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Kandungan retinol ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin mencerahkan kulit dan mencegah penuaan.

2.Vitamin B

Apabila Anda ingin memperbaiki kulit yang rusak, bebas jerawat dan kulit lebih cerah maka Vitamin B sangat cocok untuk mengatasinya. Pigmentasi yang berlebihan juga dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi Vitamin B secara rutin. Selain dapat mempercantik kulit, vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan rambut. Vitamin B memiliki beberapa bagian dan masing-masing bagian ternyata memiliki peran tersendiri yang lebih spesifik. Berikut ulasannya,

  • Vitamin B1 (Thiamin) : Vitamkin B1 atau thiamin berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit akan terus berregenerasi yang akan membuat kulit tampak cerah dan awet muda. Selain itu sirkulasi darah yang lancar dikepala maka supply oksigen ke folikel-folikel rambut juga akan ;ancar sehingga dapat membantu proses pertumbuhan rambut.
  • Vitamin B2 (Riboflavin) : Vitamin ini berfungsi mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Riboflavin juga turut berperan dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang menjaga kulit agar tetap lembut.
  • Vitamin B3 (Niacin) : Niacin membantu lapisan epidermis untuk menjaga kelembaban kulit. Vitamin ini juga dapat menghambat transfer pigmen ke sel-sel kulit sehingga dapat mencegah pembentukan flek hitam.
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid) : Berfungsi untuk mengurangi pembentukan minyak sehingga dapat meminimalisir munculnya jerawat. Vitamin ini juga dapat menjaga kelembaban kulit serta membantu menghidrasi kulit sehingga kulit tetap kenyal, sehat dan tanda-tanda penuaan dapat tersamarkan.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) : Vitamin B6 berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut.
  • Vitamin B7 (Biotin) : Vitamin ini termasuk salah satu vitamin yang dibutuhkan kulit, rambut dan kuku untuk menjaganya tetap sehat. Biotin mampu membuat kuku menjadi lebih tebal sehingga tidak mudah rapuh.
  • Vitamin B9 (Folic acid) : Vitamin B9 atau biasan disebut dengan asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut dengan cara mencegah tumbuhnya uban, mengurangi kerontokan, membuat rambut lebih berkilau serta mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih tebal.
  • Vitamin b12 (Cobalamin) : Vitamin B12 dapat mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Apabila asupan Vitamin B  kompleks tercukupi maka akan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, rambut dan juga kuku.

3.Vitamin C

Jika anda menginginkan kulit yang tetap awet muda maka dapat memanfaatkan Vitamin C untuk mengatasinya. Biasanya seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka produksi kolagen akan menurun sehingga kulit mulai mengendur yang menjadikan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit kencang dan kenyal sehingga tetap elastisitas kulit dapat terjaga. Dengan kulit yang kencang dan kenyal maka garis halus dan kerutan dapat diatasi.

4.Vitamin D

Kandungan dalam Vitamin D dapat membantu memperbaiki sel yang rusak. Selain itu vitamin ini juga sangat baik untuk memperbaiki jaringan pada kulit wajah dan juga dapat memaksimalkan proses regenerasi kulit pada malam hari.

5.Vitamin E

Vitamin E adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Vitamin ini bekerja dengan cara melindungi kulit dari sinar matahari. Pada saat Vitamin ini dioleskan pada kulit maka akan menyerap sinar Ultraviolet yang berbahaya dan dapat merusak kulit. Selain itu vitamin E juga dapat memperbaiki kulit kering dan menjaga kulit agar tetap lembab.

Untuk mendapatkan manfaat dari Vitamin E, Anda bisa meningkatkan asupan Vitamin E dengan beberapa cara berikut ini :

  • Perbanyak mengkonsumsi biji-bijian, misalnya almond dan biji bunga matahari
  • Menggunakan produk topikal atau oles yang mengandung Vitamin E
  • Mengkonsumsi suplemen atau multivitamin Vitamin E

6.Vitamin K

Jika Anda memiliki luka dan ingin cepat sembuh, maka cukupi kebutuhan asupan Vitamin K Anda. Vitamin ini dapat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka. Selain itu vitamin K dapat menyamarkan bekas jerawat dan mengurangi lingkar hitam bawah mata (mata panda).

Anda bisa meningkatkan asupan Vitamin K yang berasal dari sayuran seperti bayam, selada, kubis dan buncis.