Cara Mengatasi Kulit Kering

Girls apakah kamu memiliki kulit yang kering dan kusam? Memiliki kulit yang kering dan kusam akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun tahukah apa penyebab kulit kering dan kusam? Kulit kering dan kusam dapat terjadi akibat kurangnya kadar minyak dalam kulit (minyak sebum) sehingga memicu kulit kering dan kusam. Minyak sebum adalah kelenjar minyak alami yang dihasilkan oleh kulit, minyak ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit tubuh.

Agar kulit tidak kering dibutuhkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit, sehingga kulit yang kering akan menjadi lembab dan tidak lagi kusam. Berikut adalah cara mengatasi kulit kering.

1.Minum Air Putih

Dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh merupakan penyebab utama kulit kering. Maka untuk menghindari dehidrasi dibutuhkan asupan air yang cukup untuk tubuh. Asupan air yang dibutuhkan tubuh sehikar 2 liter atau 8 gelas perhari, namun jika kamu mempunyai aktivitas yang padat dan diluar ruangan secara otomatis tubuh membutuhkan asupan air yang lebih banyak. Untuk menghindari dehidrasi saat tidur sebaiknya Anda perlu membiasakan minum 1 gelas air sebelum tidur. Meskipun Anda perlu banyak minum, namun usahakan untuk menghindari minuman yang mengandung bahan pengawet, alkohol dan kafein karena minuman tersebut justru akan merusak kulit dan tubuh.

2.Menggunakan Masker Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan Vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita. Cara merawat kulit kering menggunakan buah  alpukat adalah dengan mengkonsumsi nya setiap hari maka kulit kita akan menjadi lembab dan kencang. Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai masker. Cara membuat masker alpukat yaotu,

  • Siapkan 1 buah alpukat
  • Ambil daging nya lalu haluskan dengan cara ditumbuh(agar lebih mudah bisa juga menggunakan blender)
  • Oleskan secara merata pada wajah dan leher
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk yang lembut

3.Hindari Stress

Mengapa stress dapat berpengaruh terhadap kelembaban kulit? Karena pada saat stress kulit wajah akan menjadi tegang dan aliran darah menjadi tidak lancar. Itulah mengapa saat orang sedang memiliki banyak beban pikiran atau stress maka orang tersebut wajahnya kering, pucat dan kusam.

4.Gunakan Pelembab

Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak kering. Untuk mengatasi kulit kering Anda dapat menggunakannya setiap hari, terlebih lagi jika Anda yang selalu terkena AC atau paparan sinar matahari langsung maka penggunaan pelembab sangat penting. Pastikan Anda menggunakan pelembab yang sesuai dengan kulit Anda, karena jika menggunakan pelembab yang tidak cocok dengan kulit akan merusak kulit Anda dan menimbulkan rasa perih, panas, gatal bahkan pengelupasan. Anda juga perlu menghindari pelembab yang banyak mengandung zat retinoid dan pewangi karena akan merusak kulit Anda.

5.Makanan yang Mengandung Omega-3

Untuk mengatasi kulit kering yang selanjutnya adalah mengjonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon dan sardine. Makanan yang mengandung omega-3 akan membantu menghasilkan mineral dan minyak alami sehingga Anda terhindar dari kulit sering dan menjadikan kulit tampak sehat dan segar.

6.Istirahat yang cukup

Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan segar maka perlu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup adalah sekitar 7-8 jam. Begadang juga akan membuat kulit kering, maka sebaiknya Anda menghindari begadang. Namun jika Anda bekerja pada malam hari Anda bisa menggunakan waktu siang untuk tidur sehingga tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup, badan tetap sehat dan segar.