Rahasia Wajah Awet Muda Secara Alami

Setiap orang pasti ingin memiliki wajah yang awet muda. Namun seiring dengan bertambahnya usia pasti mulai muncul tanda-tanda penuaan. Walaupun datangnya penuaan seiring bertambahnya usia adalah hal yang wajar namun banyak yang menolaknya dengan mengupayakan berbagai cara. Bahkan ada sebagian  orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk mempertahankan kecantikannya agar selalu tampak awet muda.

Sebenarnya untuk merawat wajah agar tetap awet muda tidak harus selalu mengeluarkan biaya banyak dan mendatangi klinik terkenal yang dipercaya mampu membuat wajah awet muda, namun kita perlu melakukan usaha juga untuk mencegah datangnya penuaan dengan merawat wajah secara tepat,mengkonsumsi makanan dan buah-buahan serta waktu istirahat yang cukup.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dialakukan untuk membuat wajah tampak awet muda, segar dan sehat.

1.Air putih

Asupan air putih yang dibutuhkan agar tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban wajah adalah sekitar 2 liter atau 8 gelas perhari. Rajin mengkonsumsi air putih tidak saja dapat berfungsi untuk melebabkan kulit wajah akan tetapi juga memberikan efek pada wajah dan mencerahkan wajah sehingga wajah tampak segar dan sehat.

2.Kulit lembab

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang lembab adalah mengkonsumsi air putih yang cukup. Dengan air putih yang cukup maka kulit wajah akan menjadi lembab dan terjaga kekenyalannya sehingga tidak mudah keriput, maka tanda-tanda penuaan tidak mudah muncul dan proses munculnya tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah.

3.Buah-buahan

Buah-buahan perlu Anda konsumsi setidaknya satu porsi dalam sehari. Setiap ahli kecantikan pasti akan menyarankan Anda mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Buah-buahan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Buah banyak mengandung antioksidan, berbagai nutrisi, vitamin serta mineral yang dapat membantu melembabkan kulit secara alami.

4.Sayur

Apakah Anda suka mengkonsumsi sayur? Selain buah-buahan, sayur juga termasuk dalam bagian terpenting untuk mendapatkan kulit yang awet muda dan cantik. Namun jika Anda termasuk orang yang tidak suka mengkonsumsi sayur, Anda bisa mencoba membuatnya menjadi makanan yang menarik sehingga Anda tetap mempunyai asipan sayuran untuk tubuh setiap harinya.

5.Istirahat teratur

Istirahat teratur juga tidak kalah penting, karena dengan isitrahat yang teratur maka regenerasi kulit tidak terganggu sehingga kulit dapat bekerja dengan baik sehingga pada saat bangun wajah Anda menjadi segar kembali. Waktu istirahat yang cukup sekitar 7-8 jam perhari. Dengan tidur yang cukup maka wajah Anda akan lebih awet muda dibandingan dengan mereka yang suka begadang.

6.Menggunakan masker alami

Setiap hari ada ribuan sel kulit mati di wajah kita. Jika dibiarkan maka sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan kulit kering dan kusam. Untuk mengangkat sel kulit mati sebaiknya kita melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Anda bisa menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Masker berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit serta mengangkat sel kulit mati pada wajah. Beberapa contoh bahan alami yang dapat digunakan untuk masker diantaranya pisang, tomat, bengkoang, pepaya, timun dan lidah buaya.

7.Olahraga

Olahraga memang penting untuk tubuh. Olahraga setidaknya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Olahraga ternyata bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menurunkan berat badan, namun olahraga juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan lho. Manfaat olahraga untuk kecantikan diantanya.

  • Kulit menjadi lebih bersih. Pada saat Anda berolahraga maka banyak keringat yang keluar dari pori-pori sehingga kulit Anda menjadi bersih, sehat dan cerah.
  • Melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan mebuat kulit tampak cerah dan bersinar.
  • Mencegah munculnya jerawat. Jerawat dapat timbul bukan saja karena kotoran yang menumpuk namun dapat juga dikarenakan oleh stress sehingga produksi hormon dan minyak menjadi tidak terkenndali. Dengan olahraga maka tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga jerawat tidak mudah muncul.
  • Mencegah penuaan dini. Penuaan memang akan muncul seiring dengan bertambahnya usia, namun Anda bisa m,encegahnya dengan cara olahraga teratur. Proses munculnya tanda-tanda penuaan dini terjadi akibat menurunnya produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Dengan berolahraga maka produksi kolagen akan meningkat sehingga munculnya tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah.

8.Mencuci wajah dengan benar

Mencuci wajah oleh sebagian orang dianggap remeh dan mudah sehingga mereka melakukannya dengan asal-asalan. Namun apakah Anda pernah memikirkan kenapa sering mencuci muka namun wajah tetap kusam? Jawabannya adalah karena Anda mencuci muka dengan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa cara mencuci wajah.

  • Bersihkan kedua telapak tangan sebelum mencuci muka. Pastikan tangan Anda bersih sebelum Anda mencuci muka, jika Anda mencuci muka dalam keadaan tangan yang tidak bersih maka hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah Anda.
  • Bersihkan make-up terlebih dahulu. Setelah Anda memakai make-up jika hendak melakukan cuci muka maka anda harus memebersihkan make-up terlebih dahulu dengan make-up remover atau juga bisa menggunakan baby oil. Apabila Anda tidak mencuci wajah tanpa membersihkan make-up terlebih dahulu maka kotoran pada wajah tidak dapat terangkat secara maksimal.
  • Gunakan air hangat. Penggunaan air hangat saat hendak mencuci muka memang dianjurkan, air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori wajah agar kotoran pada wajah dapat terangkat semua.
  • Menggunakan produk yang tepat. Memilih produk yang akan digunakan tidak boleh sembarangan, terlebih lagi jika digunakan untuk wajah. Pilihlah produk yang cocok dengan kulit Anda, apabila Anda menggunakan produk yang tidak sesuai maka dapat merusak kulit Anda seperti kemerahan, gatal dan tumbuh jerawat.
  • Jangan menggosok kulit. Pada saat cuci muka hendaknya Anda melakukannya dengan pijatan-pijatan kecil merata pada seluruh wajah, jangan sekali-kali menggosoknya karena menggosok akan menyebabkan kulit kering dan kusam.
  • Jangan terburu-buru. Cuci muka hendaknya tidak dilakukan dengan buru-buru. Lakukanlah dengan perlahan agar kotoran dalam kulit terangkat.
  • Bilas dengan air dingin. Cara yang terakhir adalah membilasnya dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka sehingga kotoran dan debu tidak mudah masuk dan terperangkap yang menyebabkan komedo dan jerawat.