Tips Mencuci Muka yang Benar Agar Wajah Cerah dan Bebas Kusam

Mencuci wajah oleh sebagian orang biasanya dianggap remeh dan mudah sehingga mereka melakukannya dengan cara yang asal-asalan. Namun apakah Anda pernah berpikir bahwa sering mencuci muka namun wajah tetap kusam? Jawabannya adalah karena Anda mencuci muka dengan cara yang salah, sehingga walaupun sudah sering mencuci muka namun kotoran dan debu pada wajah tidak terangkat dengan sempurna.

Penasaran bagaimana cara mencuci muka yang baik dan benar? Berikut ini adalah urutan mencuci wajah yang benar agar wajah cerah, bebas kusam.

1.Bersihkan kedua telapak tangan sebelum mencuci muka

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah harus memastikan jika tangan Anda bersih sebelum Anda mencuci muka. Jika Anda mencuci muka dalam keadaan tangan yang kotor maka tidak akan membersihkan wajah namunĀ  hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah Anda.

Jadi setelah tahu mengenai hal ini, jangan lupa bersihkan tangan terlebih dahulu ya sebelum mencuci muka.

2.Bersihkan make-up terlebih dahulu

Setelah Anda memakai make-up seharian biasanya ingin segera mencuci muka dan lupa tidak membersihkan make-up terlebih dahulu. Namun perlu diingat jika hendak melakukan cuci muka maka anda harus membersihkan make-up terlebih dahulu dengan make-up remover atau juga bisa menggunakan baby oil. Apabila Anda tidak mencuci wajah tanpa membersihkan make-up terlebih dahulu maka kotoran pada wajah tidak dapat terangkat secara maksimal.

3.Gunakan air hangat

Penggunaan air hangat saat hendak mencuci muka memang dianjurkan, air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori wajah agar kotoran pada wajah dapat terangkat secara sempurna sehingga tidak menyisakan debu dan kotoran pada kulit wajah yang dapat menyebabkan masalah pada wajah.

4.Menggunakan produk yang tepat

Memilih produk kecantikan tidak boleh sembarangan, terlebih lagi jika produk tersebut akan digunakan untuk wajah. Pilihlah produk yang cocok dengan kulit Anda, apabila Anda menggunakan produk yang tidak sesuai maka dapat merusak kulit Anda seperti terjadinya kulit yang memerah, gatal dan tumbuh jerawat.

5.Jangan menggosok kulit

Pada saat cuci muka hendaknya Anda melakukannya dengan pijatan-pijatan kecil merata pada seluruh wajah, jangan sekali-kali menggosoknya karena menggosok kulit akan merusak kulitĀ  serta menyebabkan kulit kering dan kusam.

6.Jangan terburu-buru

Cuci muka hendaknya tidak dilakukan dengan buru-buru, luangkan waktu minimal selama 3 menit untuk mencuci muka. Lakukanlah dengan perlahan agar kotoran dalam kulit terangkat.

7.Bilas dengan air dingin

Cara yang terakhir adalah membilasnya dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka sehingga kotoran dan debu tidak mudah masuk dan terperangkap yang menyebabkan komedo dan jerawat.