Vitamin B Kompleks : Manfaat dan Sumber Vitamin B kompleks

Ada banyak vitamin yang diperlukan untuk tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebagian besar yang berperan penting untuk tubuh kita yaitu Vitamin B kompleks. Disebut Vitamin B kompleks karena Vitamin B memiliki beberapa macam dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Inilah Vitamin B kompleks beserta masing-masing fungsinya untuk kecantikan.

1.Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 atau thiamin berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit akan terus berregenerasi yang akan membuat kulit tampak cerah dan awet muda. Selain itu sirkulasi darah yang lancar dikepala maka supply oksigen ke folikel-folikel rambut juga akan lancar sehingga dapat membantu proses pertumbuhan rambut.

Vitamin ini dapat ditemukan pada sereal (padi, gandum), kacang-kacangan seperti almond, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, selada. Serta ikan, telur, susu dan daging yang merupakan sumber Vitamin B1 yang berasal dari hewan.

2.Vitamin B2 (Riboflavin) 

Vitamin ini berfungsi mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Riboflavin juga turut berperan dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang menjaga kulit agar tetap lembut.

Sumber Vitamin B2 yang bisa Anda dapatkan dari hewan seperti susu, yogurt dan keju, ayam, ikan telur. Dan kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil. Anda juga bisa mendapatkan dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, asparagus dan brokoli.

3.Vitamin B3 (Niacin) 

Niacin membantu lapisan epidermis untuk menjaga kelembaban kulit. Vitamin ini juga dapat menghambat transfer pigmen ke sel-sel kulit sehingga dapat mencegah pembentukan flek hitam.

Anda bisa mendapatkan asupan Vitamin B3 dari ayam, salmon dan ikan tuna. Dan untuk vegetarian Anda bisa mendapatkan sumber vitamin ini dari pasta, kacang-kacangan serta gandum utuh.

4.Vitamin B5 (Pantothenic acid) 

Berfungsi untuk mengurangi pembentukan minyak sehingga dapat meminimalisir munculnya jerawat. Vitamin ini juga dapat menjaga kelembaban kulit serta membantu menghidrasi kulit sehingga kulit tetap kenyal, sehat dan tanda-tanda penuaan dapat tersamarkan.

5.Vitamin B6 (Pyridoxine) 

Vitamin B6 berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut. Untuk mencukupi asupan vitamin ini Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti kentang, kacang-kacangan, daging merang, telur dan unggas.

6.Vitamin B7 (Biotin) 

Vitamin ini termasuk salah satu vitamin yang dibutuhkan kulit, rambut dan kuku untuk menjaganya tetap sehat. Biotin mampu membuat kuku menjadi lebih tebal sehingga tidak mudah rapuh.

Sumber biotin dapat didapatkan dari kuning telur pada telur ayam, keju, kacang-kacangan, ubi jalar dan daging.

7.Vitamin B9 (Folic acid)

Vitamin B9 atau biasan disebut dengan asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut dengan cara mencegah tumbuhnya uban, mengurangi kerontokan, membuat rambut lebih berkilau serta mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih tebal.

Sayuran berdaun hijau, asparagus, brokoli, kacang merah, jeruk, roti gandum dan sereal adalah beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat.

8.Vitamin b12 (Cobalamin) 

Vitamin B12 dapat mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Susu, daging sapi, ikan tuna, salmon, sarden, kepiting dan kerang merupakan contoh makanan yang mengandung Vitamin B12.